Sabtu, 08 September 2018

TERNYATA INILAH 7 INDIKATOR KESUKSESAN MANUSIA


Bismilahirrahmanirrahim
Halo kawanku, kali ini aku mau sedikit sharing semangat sukses berbisnis ala Ustadz Fitra Jaya Shaleh (Founder Pondok Preneur) pada acara Entrepreneur’s Day 8 September 2018, karena jujur aku merasa sangat termotivasi dengan apa yang disampaikan sehingga perlu dibagikan kepada temen temen semua
Sebagai orang extrovert seperti aku, mengikuti seminar adalah salahsatu hal yang dapat menambah atau me-recharge motivasi aku
Well, langsung aja deh cerita tentang Muslim Bisnis Coaching ala Ustadz Fitra Jaya Shaleh, semoga bermanfaat
Sukses adalah hal yang diimpikan oleh semua orang. Otak akan bekerja mewujudkan sukses jika deskripsi atau indikator sukses itu konkrit. Nah mungkin kita bertanya-tanya ya? Apa sih indikator sukses itu?
Nah, ternyata definisi sukses menurut Ustadz Fitra Jaya Shaleh adalah meliputi 7 indikator, apa aja sih itu? Oke, langsung kita simak saja
1.      Kaya
Yaps, hampir semua orang mengukur indikator sukses dengan kekayaan.
Materialistis? Bukankah mati kita tidak membawa harta?
Memang mati kita tidak membawa harta, dan semua sudah diputus oleh kematian. Tetapi dengan kekayaaan kita dapat melimpahkan atau memberikan ke jalan Allah, sehingga mati pun kita masih membawanya dengan yang disebut amal jariah. Misalnya dengan menyumbangkan untuk membangun masjid, sedekah, menyantuni akan yatim dan masih banyak lagi.
Well, apakah kaya saja cukup? Tidak, banyak orang kaya tidak bahagia. Apalagi orang yang tidak kaya. Banyak orang kaya tidak bahagia, orang miskin tetapi bahagia, bahkan orang miskin dan tidak bahagia. Lalu apa lagi indikator sukses itu?
2.      Bahagia
Salahsatu indikator sukses berikutnya adalah bahagia. Bahagia disini diartikan kita menikmati sebuah rasa nyaman dan tentram. Manusia memiliki hormon tubuh yang bernama endorfin, yaitu hormon kebahagiaan. Hormon ini diproduksi apabila kita sering memberi. Seperti memberikan beberapa harta atau bantuan kita untuk orang lain. “Terimakasih bla bla bla” akan diucapkan oleh orang kita beri. Hal itu yang akan memacu hormon endorfin terproduksi.
3.      Sehat
4.      Tercapainya segala cita-cita
5.      Happy Relationship
Orang sukses akan selalu membangun hubungan baik dengan orang lain, meskipun orang lain pernah menyakiti hatinya, tetapi Ia terus bersikap baik. Dalam hidup dapat kita ketahui golongan orang berdasarkan topik bahasannya. Orang kecil apabila bertemu dengan orang kecil akan membahas orang lain. Orang Menengah akan membahas hobi, sikap sehari-hari, olahraga dan lain-lain. Orang suskes akan membahas rencana, ide, strategi hidup masa depan. Jadi, jika anda ingin menjadi orang sukses, berhentilah membicarakan orang lain.
Orang sukses akan terus maju tanpa memiirkan kata orang, selama Ia berjalan di jalan halal dan benar. Haters akan selalu ada, jangan menjadi lemah karenanya. Karena sejatinya mereka bekerja tanpa dibayar karena membantu dalam meluruskan sikap kita.
6.      Suka Berkontribusi
7.      Sholeh dan Sholihah dekat dengan Allah
Orang sukses akan selalu dekat dengan Tuhannya. Karena manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan yang menentukan hasilnya.

Definisi kaya adalah passive income lebih besar daripada gaya hidup. Di zaman yang seperti ini, kaya dapat dilakukan dengan 2 hal yaitu berperang (karena mendapat harta rampasan) dan yang kedua adalah bisnis. Jadi apapun profesimu, itulah pengabdianmu. Tetapi jika kamu ingin kaya, berbisnislah. Sebagaimana kamu menjadi guru, itu adalah pengabdianmu, bukan cara agar kaya.

Kalau saya lebih memilih bisnis untuk menjadi kaya. Bisnis disini diartikan sebagai membangun organisasi. Sedangkan menjualkan barang itu bukan bisnis tetapi penjual (sales). Orang sales bekerja lebih lama, karena mereka fokus pada omzet. sedangkan bisnis memiliki banyak waktu luang.

Untuk sukses berbisnis kita harus memiliki 3M yaitu:
a.       Money (Uang)
Antara uang dan rzeki adalah hal yang berbeda. Uang dapat diperoleh dengan ide lalu bekerja. Sedangkan rezeki dapat diperoleh dengan amal shalih. Rezeki meliputi apa yang kita makan, pakai, dan informasi. keduanya adalah hal yang sangat kita butuhkan dalam membantu suksesnya bisnis.
b.      Modal
Untuk memperoleh uang kita harus mendapat modal. Modal dapat diperoleh dengan 4F5P, yaitu:
1.      Financial Corporate
Hal ini yang dimaksud adalah Bank. Tetapi kita dianjurkan supaya mengurangi perolehan modal bukan dari Bank.
2.      Family
Kita dapat memeperoleh modal dari keluarga. Sebagai contoh kita membutuhkan uang 1 Juta. Tetapi kita tidak punya keluarga kaya, kita bisa melakukan yaitu dengan membuat list keluarga sebanyak banyaknya (tante, anaknya tante, saudaranya tante, dan masih banyak lagi). Tiap mereka kita mintakan uang dengan nilai yang relatif ringan misalnya Rp. 15.000. Hal itu akan cepat terkumpul dan membantu. Walaupun mungin bisa dibilang agak ribet hehe
3.      Friend
4.      Founder
Kita bisa meminta modal dari founder usaha. Dengan cara sistem bagi hasil, hal ini menghindarai adanya riba’. Dalam agama islam Allah telah memberikan solusi untuk melawan riba’ dengan sistem bag hasil tersebut (Syirkhah)

Selanjutnya 4F saja tidak cukup, tetapi harus ada 5P, yaitu:
1.      Project
2.      Profil
3.      Profit
4.      Prooven
5.      Proposal

c.       Munajat pada Allah
Untuk  menyukseskan bisnis, kita harus melakukan kiat memperlancar rezeki.  Diantara sebab Allah menurunnkan rezeki yaitu:
1.      Istiraj
Yaitu rezeki yang datang dari Allah dikarenakan ingin sgera pergi. Contoh seperti pengamen lusuh dan kotor yang sedang menghampiri kita saat makan, maka kita harus segera memberi agar Ia cepat pergi. Kisah Nabi Fir’aun yang selalu bergelimang harta, maka Allah hukum Fir’aun dengan menenggelamkan ke laut.
2.      Ikhtiar
Ikhtiar adalah kewajiban, tetapi rezeki tidak harus datang dari yang di ikhtiarkan tersebut. Sebagaimana contoh kita mengikhtiarkan A dan B tetapi kita mendapatkan rezeki dari X. Jik salahsatu  A dan B tidak di ikhtiarkan maka kita mungkin tidak mendapat rezeki X tersebut.
3.      Berkah
Diberkahinya usaha akan mendatangkan rezeki, diantaranya adalah:
1)      Minta doa orang tua
2)      Minta doa Ustadz, karena mereka lebih dekat dengan Allah
3)      Sholowat setiap hari
4)      Silahturrahim
4.      Taqwa dan Tawakal
5.      Istiqomah   

      Sekian, itulah hal yang bisa dibagikan oleh penulis. Harapannya, siapapun kalian yang sedang membaca ini, saya doakan kita dapat sukses bersama. Menggapai ridloNya di dunia dan sukses di akhirat 

SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar :

Posting Komentar