Minggu, 31 Mei 2020

Rasakan 6 Hal ini, Tidak Ada Kata Bangun Kesiangan Dalam Hidupmu

6 Hal Ini Akan Membuatmu Rutin Bangun Pagi dengan Strategi SAVERS dari Buku "The Miracle Morning" Karya Hal Elrod

The Miracle Morning: The Not-So-Obvious Secret Guaranteed to ...
Setelah menulis arikel tentang To Be Productive During Pandemic. Kali ini saya tertarik untuk melanjutkan topik yang sama, tetapi fokus untuk membahas topik keajaiban bangun pagi. Artikel ini terinspirasi dari buku The Miracle Morning yang saya baca beberapa hari lalu. Buku ini sangat membantu untuk anda yang kehilangan motivasi bangun pagi. 


Fakta Mengapa Anda Harus Bangun Pagi
Menurut Dr. Alexander Bruce dari Jerman meneliti kadar gas ozon (O3) dalam udara pagi mencapai titik yang paling tinggi. Kadar ini akan berkurang secara berangsur hingga hilang sama sekali begitu matahari terbit. Saat menghirup udara pagi yang relatif masih bersih tanpa kontaminasi, seseorang akan merasakan kenikmatan dan kegembiraan yang tidak bisa dibandingkan dengan waktu siang maupun malam. Kandungan udara pada waktu subuh, dan menemukan bahwa kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Gas ozon memiliki manfaat di antaranya menyehatkan paru-paru, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang saraf bekerja dengan baik.

Allah SWT menjadikan waktu malam untuk tidur dan beristirahat, serta menjadikan waktu siang untuk beraktivitas dan mencari penghidupan. Allah berfirman,"Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui" (QS 6 : 96).

Dalam sejarah islam ternyata kebiasaan untuk bangun pagi ini sudah dibuktikan manfaatnya oleh para sahabat Nabi 14 abad lalu. Para cendekiawan telah merumuskan masalah induk dalam khasanah ilmu pengetahuan. Mereka yang senantiasa bangun, bahkan sebelum waktu sholat subuh tiba dan bangun di sepertiga malam, kurang lebih antara jam 2 hingga jam 3 pagi akan menghasilkan perasaan berbeda. 

Strategi SAVERS dari Hal Elrod

S-Silence (Diam)
Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah menyempatkan waktu hening untuk mengenal diri dan menenangkan diri dari kemelut dunia. Seringkali ketika kita bangun pagi, justru melihat handphone, bahkan melihat hal yang tidak penting. Padahal waktu tersebut masih bisa kita gunakan untuk :
  • Meditasi
  • Berdoa
  • Refleksi diri (mindfulness)
  • Bernafas dalam dalam
  • Bersyukur
Semua hal tersebut hanya perlu kita lakukan selama minimal 1 menit saja. Nah, mudahkan?

A-Affirmation
Afirmasi adalah pengulangan atau repetisi akan suatu hal yang diucapkan pada diri kita. Cara tersebut akan membuat alam bawah sadar kita menangkap dan tertanam. Sehingga, dalam keadaan bagaimanapun, kita akan diingatkan alam bawah sadar kita.
Contohnya, "Saya pasti bisa sukses", "Saya bisa dengan berdoa, saya tidak menyerah", "Saya sudah berjuang dan masih bertahan, sebentar lagi saya berhasil" 
Anda bisa menanyakan 3 hal ini,
  • Apa yang benar-benar aku inginkan?
  • Mengapa aku menginginkannya?
  • Apa komitmen tindakan saya untuk mencapainya?
Tak lupa untuk melakukan gerakan tubuh untuk menambah energi positif dalam raga anda. Semua cukup dilakukan minimal 1 menit. 

V- Visualization
Visualisasi adalah proses melatih mental terhadap hal yang anda inginkan secara nyata. Visualisasi biasanya dilakukan dengan membayangkan kita di tahap ideal atau kesuksesan. Mungkin kalau bahasa sekarang ngehalu. Tentu, ngehalu diiringi tindakan yang realita. Coba kita tanyakan pada diri kita:
  • Ingin jadi seperti apa?
  • Ingin menjalani hidup yang seperti apa?
  • Ingin melakukan hal apa saja? 
Kalau saya menyarankan anda untuk membuat foto anda di edit bersama tempat yang merepresentasikan keinginan anda lalu ditempel pada dinding kamar anda. Lalu bisa melihatnya setiap hari, atau bahkan bisa men-sholawati setiap saat. 

E-Exercising
Latihan bisa dilakukan dengan berolahraga, supaya badan lebih sehat dan bergairah menjalani hari demi hari. Anda bisa melakukannya dengan melakukan push up minimal 3 kali. Tentu, mudah sekali bukan?

R-Reading
Membaca adalah salahsatu cara untuk menambah pengetahuan. Bisa membaca buku atau lewat handphone. Tentu pemilihan bacaan pun harus dilakukan. Bacaan yang disarankan pun sebaiknya bukan bacaan berita kriminal, politik atau fiksi. Melainkan bacaan non fiksi yang bertema self-improvement atau pengembangan diri untuk mencapai tujuan hidup anda. Anda bisa melakukannya dengan membaca minimal 1 halaman saja. 

S-Scribing
Scribing adalah kata lain dari menulis atau menjurnal. Anda bisa melakukan dengan menuliskan perasaan dan pemikiran anda saat ini. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda melihat pemikiran, perasaan dan kedewasaan diri saat ini dari catatan masa ke masa. 

Masihkah Berpikir?
Nah, itu semua hal tentang prinsip SAVERS dari Hal Elrod. Semua rincian bebas dari teman teman sendiri. Misalnya untuk kriterian paling minimal bisa melakukan:
  • Meditasi 1 menit
  • Afirmasi 1 menit
  • Visualisasi 1 menit
  • Push up 3 kali
  • Membaca 1 halaman
  • Menulis 3 kalimat.
Nah kalo saya sendiri secara tidak langsung menjalankan prinsip SAVERS jauh sebelum mengenal buku ini. Menurut saya ini sangat membuat hidup saya tidak acak-acakan. Serta lebih percaya diri menghadapi hari demi hari. Nah kalo temen temen ada yang pernah melakukannya bisa cerita juga, atau mungkin ada rekomendasi buku lain yang membuat temen temen semangat untuk bangun pagi. Yuk, bisa dikomen.

Selamat Mencoba ya temen temen :)

Salam hangat,
Arifah Eviyanti

Sumber:
Elrod, Hal. 2012. The Miracle Morning The Not So Obvious Secret Guaranteed to Transform Your Life (Before 8AM). London: Hodder&Stoughton General DIvision
http://rumahsakit.unair.ac.id/dokumen/Mari%20Tengok%20Keutamaan%20Bangun%20Pagi.pdf


2 komentar :

  1. Belum semua yg ku lakukan teman, terimakasih sudah mengenalkan prinsip SAVERS, ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, samasama Anita :) semangat buat kita

      Hapus